Sekilas Tentang LPKIA Bandung

Tercatat sudah genap 20 tahun kiprah LPKIA Bandung sebagai suatu Institusi pendidikan dengan berbagai macam karyanya di bidang pendidikan yang berorientasi kepada pasar kerja.


Latar Belakang Kelahiran LPKIA

Dilatarbelakangi situasi kondisi kebutuhan pendidikan komputer yang memadai bagi masyarakat kota Bandung, pada tanggal 1 Agustus 1984 lahirlah Lembaga Pendidikan Komputer Indonesia Amerika (LPKIA) dengan motto "We are not the first, but the best" yang kampusnya berlokasi di jalan Badak Singa nomor 2 Bandung.

Saat itu LPKIA mempelopori pendidikan komputer yang memberi fasilitas setiap siswa masing-masing praktik menggunakan satu unit komputer, dengan dilandasi proses belajar "learning by doing" agar peserta lebih menguasai keterampilan mengoperasikan dan memanfaatkan peralatan komputer.

LPKIA merupakan suatu lembaga pendidikan yang tidak hanya menyelenggarakan pendidikan komputer, berupa kursus komputer yang diberikan kepada para lulusan SMU dan karyawan perusahaan/instansi, tetapi juga aktif menyelenggarakan berbagai seminar dan eksebisi (pameran) yang berkaitan dengan penyebarluasan informasi serta pengembangan ilmu dan aplikasi pengetahuan komputer.


Visi dan misi LPKIA

Visi
Mewujudkan LPKIA menjadi politeknik dan STMIK terbaik di Indonesia, unggul dalam menghasilkan lulusan yang mudah bekerja dan berkualitas, dengan biaya yang terjangkau.

Misi
Politeknik & STMIK LPKIA melakukan usaha pendidikan dan pengembangan ketenagakerjaan yang professional di bidang komputer niaga.
Ini dilakukan melalui pengembangan produk & organisasi secara berkelanjutan, untuk memuaskan pelanggan dengan lebih baik daripada saingan.


Perluasan Program Pendidikan

Pada tahun 1985 sesuai dengan rencana jangka panjang Yayasan LP3KI, yang menaungi keberadaan LPKIA, maka dibentuk tim penjajagan yang mempersiapkan perluasan jasa pendidikan sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan perkembangan teknologi, khususnya di bidang komputer niaga.

Dari aktivitas ini, diambil langkah-langkah penambahan fasilitas dengan membangun kampus II di jalan LLRE Martadinata 65 Bandung, pada tahun 1986. Dengan demikian daya tampung LPKIA menjadi 10 kali lebih besar dari semula.

Secara bertahap kelengkapan sarana pengajaran ditambah, seperti Laboratorium Komputer, Laboratorium Simulasi Perkantoran, Laboratorium Bahasan, Laboratorium Mengetik Manual dan Elektrik, Laboratorium Akuntansi, Laboratorium Simulasi Perakitan Komputer, dan Laboratorium Kearsipan.

Sejalan dengan perkembangan sarana dilakukan pula penambahan sumber daya manusia. Jumlah staf yang direkrut saat itu dua kali lipat dari jumlah staf sebelumnya, melakukan survei ke lembaga-lembaga pendidikan, ke perusahaan-perusahaan guna menampung masukan dalam merancang kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan pemakai jasa lulusan.


Pendidikan Setingkat Akademi - Tahun 1986

Pada bulan September 1986 LPKIA menyelenggarakan program pendidikan 1 dan 3 tahun untuk Jurusan Sekretaris, dan pada tahun 1987 diikuti pula dengan penambahan program pendidikan 1 dan 3 tahun untuk Jurusan Komputer, serta program pendidikan 3 tahun untuk Jurusan Akuntansi.

Untuk membedakan jenis program pendidikan yang ditawarkan, maka Yayasan LP3KI membuka INDONESIA AMERIKA INSTITUT (IAI), yang diarahkan untuk menyelenggarakan program pendidikan setingkat akademi 3 tahun dengan tiga jurusan, yaitu Sekretaris, Komputer Akuntansi, dan Informatika. Sedangkan LPKIA menyelenggarakan jasa pendidikan program 1 tahun, yaitu Modul Sekretaris Pimpinan dan Ahli Program Aplikasi Perkantoran.


Politeknik Komputer Niaga - Tahun 2000

Sesuai dengan pertumbuhan selama itu, LPKIA mengajukan statusnya ke KOPERTIS Wilayah IV Jawa Barat. Tetapnya tanggal 1 Agustus 2000 Depdikbud mengeluarkan SK No. 121/D/0/2000 tentang status LPKIA menjadi POLITEKNIK KOMPUTER NIAGA LPKIA.

Dipilihnya status Politeknik Komputer Niaga karena LPKIA bertujuan menghasilkan calon tenaga kerja (D3) di bidang administrasi niaga yaitu Sekretaris, Informatika, Komputer Akuntansi dan Keuangan yang semuanya berbasis komputer untuk perniagaan.

Dengan status tersebut LPKIA menyelenggarakan dua program pendidikan, yaitu program D3 dan D1. Program Studi D3 meliputi: Manajemen Informatika, Teknik Informatika; Komputerisasi Administrasi Niaga dan Komputerisasi Manajemen Pemasaran; Komputerisasi Akuntansi, serta Komputerisasi Keuangan dan Perpajakan. Sedangkan program studi D1 adalah Modul Komputer Administrasi & Kesekretarisan dan Komputer Aplikasi Perkantoran. Politeknik Komputer Niaga LPKIA selalu berupaya mewujudkan Visinya yaitu, "Lulusan Mudah Bekerja dan Berkualitas dengan biaya terjangkau" secara konsisten, sehingga pada tahun 2007 diperoleh hasil Akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) sebagai berikut

·  B (Baik) untuk Program Studi KOMPUTERISASI AKUNTANSI
·  B (Baik) untuk Program Studi MANAJEMEN INFORMATIKA
·  A (Baik Sekali) untuk Program Studi KOMPUTERISASI ADMINISTRASI BISNIS


Sekolah Tinggi Manajemen Informatika& Ilmu Komputer - Tahun 2003

Tahun 2001 kampus LPKIA di jln. Soekarno Hatta nomor 456 Bandung yang luasnya sekitar 7.000 m2 memungkinkan LPKIA memperluas program pendidikannya. Pada tahun 2003 telah dibuka program STMIK yang akan mencetak lulusan Sarjana Plus atau Sarjana + Sertifikat Internasional.

STMIK yang memiliki ijin pendirian nomor 05/D/0/2004, dapat menjawab kebutuhan para alumni LPKIA yang telah lulus D3 dan ingin melanjutkan ke jenjang S1. Keunikan yang ditawarkan oleh STMIK LPKIA adalah lulusannya bukan hanya menjadi sarjana namun dipersiapkan untuk memperoleh Sertifikat Internasional di bidang komputer.

Program yang ditawarkan STMIK LPKIA adalah Program Studi Teknik Informatika, dan Sistem Informasi, dengan 2 konsentrasi, yaitu Sistem Informasi Akuntansi dan Sistem Informasi Perkantoran.


Pelatihan Komputer Perusahaan/Instansi

Dalam pelayanan jasa pendidikan LPKIA juga menyelenggarakan program pelatihan komputer untuk berbagai perusahaan maupun instansi pemerintah, seperti: PT Telekomonikasi Indonesia, PT Pos Indonesia, Bank Bumi Daya Cabang IPTN, PT Perkebunan XIII, Bank NISP, Pemda Kotamadya DT II Bandung, Pemda Kabupaten DT II Bandung, PT INTI, Harian Umum Pikiran Rakyat, dan beberapa perusahaan swasta lainnya yang telah mempercayakan pendidikan komputer karyawan-karyawatinya kepada LPKIA.

Dan tidak hanya itu, LPKIA menyelenggarakan pula kesempatan pelatihan komputer secara Cuma-Cuma kepada berbagai kalangan masyarakat, seperti: para anggota PWI Jawa Barat, AMPI Jawa Barat, dan sejak tahun 1995 bekerja sama dengan Depdikbud Kotamadya Bandung untuk guru-guru Sekolah Menengah Umum se-kotamadya Bandung.


Prestasi Yang Dicapai

Selama keberadaan LPKIA di kota Bandung ini, telah dicapai prestasi yang dapat dibanggakan seperti:

  • Pada bulan Januari 1991, LPKIA Bandung berhasil mendapat trophy Gubernur Jawa Barat dan Piagam Penghargaan dari Kantor Wilayah (Kanwil) Depdikbud Jawa Barat, atas prestasi "Keteladanan Dalam Produktivitas", untuk Lembaga dan Warga Diklusemas (Pendidikan Luar Sekolah dan Masyarakat.
  • PKN LPKIA Bandung ketika mewakili Propinsi Jawa Barat, LPKIA Bandung juga meraih Juara Pertama Dalam Pemilihan Lembaga dan Warga Pendidikan Luar Sekolah "Terbaik" 1990 untuk tingkat Nasional. Ini dikukuhkan melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 086/P/1991, pada tanggal 1 Maret 1991.
  • Dalam usaha menyalurkan lulusan, pada tanggal 6 Desember 1997, memperoleh Trophy dan Piagam Penghargaan Kantor Wilayah Departemen Tenaga Kerja Propinsi Jawa Barat atas prestasi yang dicapai dalam "Keteladanan Produktivitas Penyelenggaraan Bursa Kerja Khusus Bagi Alumni".
  • " Pada tanggal 22 Agustus 2002 PKN LPKIA Bandung menerima penghargaan dari Dinakertrans dengan predikat "Terbaik" dalam penyelenggaraan Bursa Tenaga Kerja Bagi Alumni.
  • " Pada tanggal 10 Mei 2006 PKN LPKIA Bandung menerima kembali penghargaan dari Dinakertrans dengan predikat "Terbaik" dalam penyelenggaraan Bursa Kerja di Perguruan Tinggi.

    Kerja Sama Dengan Berbagai Organisasi

Dalam usaha meningkatkan jasa pelayanan dan pengembangan pendidikan LPKIA aktif pula menjalin kerjasama dengan berbagai kalangan organisasi untuk menyelenggarakan kegiatan yang memberikan manfaat kepada masyarakat:

  • HISPI dan HPL-LSM : mengadakan lomba komputer untuk kalangan muris SMP
  • Dikmenum Depdikbud Jawa Barat : menyelenggarakan penataran guru-guru SMA bidang Akuntansi se Jawa Barat
  • PWI Jawa Barat : penataran dan pelatihan komputer bagi 300 orang wartawan se Jawa Barat
  • Ikatan Akuntansi Indonesia : Seminar dan Pameran Komputer Akuntansi, 1987
  • KPDR V, BANK BNI 46, STAN : Seminar dan Pameran Komputer Audit, 1990
  • PPA Fakultas Ekonomi UNPAD : Pengembangan Aplikasi Komputer Akuntansi, 1991
  • DPD AMPI Jawa Barat : Pemberian Bea Siswa Pelatihan Komputer bagi 175 anggota AMPI, 1992
  • Depdikbud RI Kotamadya Bandung : menyelenggarakan penataran komputer bagi para guru SMU/K se-kotamadya Bandung


Sedangkan guna meningkatkan pelayanan terhadap mahasiswa dan alumnus agar memudahkan mereka mendapatkan tempat untuk praktik kerja lapangan, LPKIA menjalin kerja sama dengan berbagai organisasi profesi dan perusahaan:

  • HIPMI : Para pengusaha yang tergabung dalam HIPMI.
  • Asosiasi Manajer Indonesia Cabang Bandung (AMA Indonesia) : Para manajer yang tergabung dalam AMA.
  • Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Jabar : Gabungan pimpinan perusahaan se Jawa Barat.


Demikian halnya, ditandatangani pula kerjasama antara PKN LPKIA dengan berbagai perusahaan yang bersedia menerima praktikan dan alumnus, yaitu:

Tahun 1994: Harian Umum Pikiran Rakyat, Blesslink Rema, Bank Danamon, Bank BNI, Bank NISP, Exxon Multi Product Indonesia, Kukje Adetex, Kartasama Mukti Lestari, Mandar Maju, Citra Aditya Bakti.

Tahun 1995: Multicom, PT Indosurance Broker Utama, Lily Kasoem/Deka Optalite, Eldorado, Astra Graphia, PT Bahana Prambanan, PT Murthy Kurnia Utama, Tb. Q*Ta, PT Bank Bali, PT Hadtex, PT Gamma Epsilon, PT Adetex, Bandung Pos, PT Delami Garment.

Tahun 1996: PT Pindad, Bank Danamon, PT Bank Bali, PT Sanbe Farma, PT Coca Cola Tirtalina, Yogya Dept. Store, PT Medal Queenindo, PT CMI (Compact Microwave Indonesia), PT Catu Daya Perkasa, PT Biro Semesta/DHL, PT Sari Ater Hot Spring Resort, PT Vilour Promo Indonesia, Netura, PT Karyabudi Ekatama.

Tahun 1997: PT Bank Shinta Indonesia Cabang Bandung, PT Gizi Tatapangan Sejahtera, PT Natatex, PT Kartika Pradipta Prisma, PT Badan Tekstil Nasional, PT Swadaya Sinar Sakti Indonesia (Musicafe Kintamani), PT Multi Brata, Astra CMG Life, Yuntex Group.

Tahun 1998: Kandatel Bandung, PT Bank Papan Sejahtera, PT San San saudaratex, Koperasi distribusi Indonesia, PT Agansa Primatama, PT Rajawali Hiyoto, PT Daya Enggal Manunggal, PT Sinar Mas Group, PT Panti Kosmitika Baru, PT Mirasurya Multi Finance, PERBANAS, PT Panghegar, PT Ayoe Indotama Textil.

Tahun 1999: PT Pos Indonesia (Persero), PT Bank Niaga, Tbk., Feng Tay Indonesia Enterprice, PT Primarindo Asia, PT Samsan Intertex, PT Melvin Internasional, PT Nutrexindo Prima, Ria Toserba, Studio Cartoon, PT Lippo Life (BDD-RAD).

Tahun 2000: PT Bank HS 1906, PT Tunas Toyota, PT Masterindo Jaya Abadi, PT Fit-U Gartical Industries, PT Samitsu Knit Indonesia, PT Dasatechno Utama, PT Mewah Dinamika Industry, Bina San Prima, PT Dasahana, PT Hanbitel Media Jaya, PT Faloen International, DPD Inkindo Jabar, PT Yolita Jaya Indonesia.

Tahun 2001: PT Metro Coorperation Sudirman Factory, PT Hegar Mulya, PT Otto Pharmaceutical Industries, Eigerindo Multi Product Industry, PT Gistex Tahun 2002 Gament Division, PT Dayung Mas, PT Artha Boga Cemerlang, PT Duta Selera Pertiwi,PT Tatto Rama Garment, PT Idaman Era Mandiri, PT Vilapolatex, PT Wisdem, PT Ichi Textile Mills, CV Nata Wisesa.

Tahun 2002: The British Institute, PT Daliatex Kusuma, BPR Karyajatnika, DPD Aspanji, PT Faktekindo Jaya Gemilang, PT Polyfin Canggih, PT DataScrip, PT Ferinatex Jaya, BI-Ensi Fesyenindo.

Tahun 2003: PT. Datascrip, PT Daya Adira Mustika, Kanwil Pajak.

Tahun 2004: KPSG, Hotel Kedaton, PT Sidola, PT sumber Alfaria Trijaya, Purwacaraka Citra Rahayu, Edward Forrer, Kadin Jawa Barat, Dunia Fantasi.

Tahun 2005: PT. Cottonindo Ariesta, PT Daliatex Kusuma, Callbert Engineering Co, PT Dhanar Mas Concern, PT Daya Anugrah Mandiri, PT Indograph, PT Kurnia Astasurya, PT Nuansa Cerah Informasi, PT Yorkshire Indonesia, Siloam Motor Group, PT Propan Raya, Advanced Access, PT Perdana Perkasa Elastindo, Hotel Horison, Mutual +.

Tahun 2006: PT Hariff Daya Tunggal Engineering, Adira Finance, Asosiasi Pengusaha Indonesia - Jawa Barat, PT Alkindo Naratama, PT Griya Sukses Mandiri, Bina Multi Profesi, PT Dam Sinar Button Factory, PT Almasindo II, PT Mitra Lestari Sejati, PT Trimitra Sukses Makmur, PT World Metalindo, PT Sinarjaya Rimbawan Asri, PT Sinar Niaga Sejahtera, PT Shafira Laras Persada, Multi Marmer Alam.

Tahun 2007: PT. Gistex Nisshinbo Indonesia, Yomart, Suzuki Kharisma, PT Outsorcing Indonesia, The Big Price Cut, PT Bratatex, Ge Money Indonesia, Jobplaza Indonesia.com, PT Betrix Indonesia, PT Penerbit Erlangga Cab. Bandung, Quasar, Golden Inova Indonesia, PT Gyanka Pratama, Radio Mara Ghita, PT Surya Donasin, PT Home Center Indonesia, PT Ace Hardware, PT Zahir Internasional, PT Kaldu Sari Nabati Indonesia.


 

 

  rizkyreyes.co.cc